Sabtu, 30 Mei 2009

Lomba bahasa Arab UNNES : Juara III cukup ditengah badai diskualifkasi

"Sebenarnya sangat tidak puas" ungkap salah seorang delegasi Program Khusus MAN 1 surakarta pada ajang Lomba Bahasa Arab di Universitas Negeri Semarang yang berlangsung pada tanggal 27 Mei 2009 baru-baru ini. Pada ajang lomba yang bertajuk ' Ekspresikan Bahasa Arabmu" ini Program Khusus MAN 1 Surakarta mengirimkan 5 delegasi masing-masing utuk cabang "Arabic Retelling Story" 2 siswa putra-putri, dan Kaligrafi, 3 siswa terdiri dari 2 putra dan 1 putri.

Dari lima delegasi tersebut Program Khusus MAN 1 Surakarta hanya berhasil meraih dua tropi, masing-masing juara III Arabic Retelleing Story atas nama Nur Rahmah Sholihah dan Juara III Kaligrafi Putra, atas nama Ahmad Sholahuddin.

Sementara M. Thariq Aziz yang pada awal bulan Mei lalu meraih juara II Pidato bahasa Arab di IAIN Walisongo, pada perlombaan kali ini tidak mendapatkan kejuaraan. Sedangkan 2 delegasi cabang kaligrafi atas nama Khulafaurrosyidin dan Asma' Khoiriyah dinnyatakan diskulifikasi oleh panitia.

Keputusan diskualifikasi dianggap sebagai keputusan yang controversial oleh pihak official dan peserta dari PK MAN 1 Surakarta, pasalnya Khulafa' didiskualifikasi karena membuat mal terlebih dahulu sebelum melukiskannya pada kanvas, suatu hal yang tidak tercantum sebagai larangan dalam aturan lomba yang dikeluarkan panitia, di samping hal itu pada kegiatan lomba serupa ditempat lain tidak dipersoalkan selama membuatnya ditempat lomba.

Demikian pula Asma' Khoiriyah yang didiskualifikasi karena sebelum melukiskan ayat pada kain kanvas terlebih dahulu menuliskannya dikertas dan ditempat lomba. Keputusan panitia ini juga dinilai tidak tepat karena jauh sebelum perlombaan panitia sudah mengirimkan pada peserta lombat ayat atau tulisan yang menjadi bahan perlombaan.

Tidak ada komentar: