Sabtu, 20 Desember 2008

ORGANISASI PELAJAR PROGRAM KHUSUS (OPPK)

Bagi anda yang sedang sedang belajar di tingkat SLTA atau yang pernah duduk di bangku SLTA pasti sudah tahu OSIS. Ya meskipun ada juga anak sekolahan yang tidak tahu kepanjangan kata OSIS tetapi ia pasti tahu bahwa OSIS adalah organisasi yang menjadi wadah bagi siswa untuk belajar berorganisasi dan mengorganisir berbagai kegiatan siswa yang bersifat ekstra kurikuler.

Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Surakarta, di samping OSIS ada organisasi kesiswaan lain yang dijalankan oleh para siswa Program Khusus. Organisasi ini bernama OPPK , kepanjangan dari Organisasi Pelajar Program Khusus. Organisasi yang menjadi wadah bagi para siswa Program Keagamaan ini lahir pada tahun 1992, satu tahun setelah lahirnya MAPK Surakarta.

OPPK terdiri dari OPPK Putra dan OPPK Putri, yang masing-masing memiliki kepengurusan sendiri. Kepengurusan OPPK terdiri dari pengurus inti ( Ketua, Sekretaris, Bendahara) dan departemen-departemen yang mencerminkan seluruh kegiatan kesiswaan yang dilakukan oleh para siswa program khusus. Ada pun departemen-departemen tersebut meliputi ; Departemen Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan, Departemen Perpustakaan, Departemen Humas, Departemen Kesenian, Departemen Olah Raga, dan Departemen Penta (Penerimaan Tamu).
Adapun para pengurus OPPK dipilih dari kalangan siswa kelas XI dan akan menjalankan amanat kepengurusannya sampai awal kelas XII.

Tidak ada komentar: