Selasa, 27 Januari 2009

Celah Pustaka Ilmiah, ajang siswa MAPK megasah kemampuan ilmiah

Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh siswa untuk menggali dan meningkatkan kemampuan ilmiah. Salah satunya adalah dengan apa yang dilakukan oleh Organisasi Pelajar Program Khusus MAN 1 Surakarta dengan menggelar perlombaan antar siswa di bidang kemampuan ilmiah awal bulan Prebuari 2009 yang lalu.
Ajang perlombaan yang digelar secara rutin tiap tahun ini meliputi lomba penulisan artikel, membaca dan memahami kitab (fahmul kutub), resensi buku, cerdas cermat dan debat berbahasa Arab.
Lomba mengasah kemampuan ilmiah yang diselenggarakan oleh Departemen Perpustakaan OPPK ini mempertemukan para wakil tiap rayon baik putra maupun putri.Para siswa berbakat dari masing-masing rayon menunjukkan kemampuan masing-masing agar menjadi yang terbaik di antara yang terbaik. Bagi mereka yang masih duduk di kelas X, ajang ini merupakan ajang uji coba kemampuan untuk dapat bersaing dengan siswa-siswa senior. Sedangkan bagi kelas XI dan XII kegiatan ini merupakan ajang pembuktian akan kemampuan mereka di bidang ilmiah.
Sekitar satu minggu rangkaian acara ini digelar dan menghasilkan data dan fakta bahwa bahwa siswa-siswa yunior bukan sekedar pelengkap. Beberapa lomba dimenangkan oleh perwakilan rayon kelas X. Sementera rayon kelas XI putra berhasil membuktikan bahwa mereka adalah yang terbaik dengan meraih gelar juara umum.
Akan tetapi yang lebih penting dari semua itu adalah bahwa mereka telah membuktikan pada diri mereka sendiri bahwa dengan belajar dan mau belajar mereka bisa memperoleh pencapaian yang diinginkan. Perlombaan telah memotiovasi mereka untuk terus belajar dan berprestasi. Dan tradisipun berlanjut, bahwa dari ajang-ajang seperti ini Madarah Aliyah Program Khusus Surakarta dapat melakukan pembibitan dan melahirkan peserta didik yang berprestasi, sebagaimana hal itu telah dirasakan oleh alumninya Habiburrohman El Sirozy.

Tidak ada komentar: